Monday, January 5, 2009

TIPS DAN KIAT JITU PERANGI NARKOBA

TIPS ATASI OVER DOSIS

Jangan panik kalau ada teman pecandu narkoba kemudian tiba-tiba terjadi sesuatu atau yang lebih dikenal dengan sebutan over dosis atau "OD". Yang perlu kita lakukan adalah :

1. Periksa matanya.
Apakah dia bisa membuka mata atau bisa berbicara. Coba goyang-goyangkan badannya dan panggil namanya.

2. Apakah napasnya berhembus atau tidak ? Apakah kita bisa merasakan napasnya di tangan kita ? Apakah bisa mendengar detak jantungnya waktu kita menempelkan telinga di dadanya ? Kalau tidak ada reaksi atau dia berhenti bernafas, coba untuk menyadarkan dia dengan menjewer kupingnya atau menekan dadanya dengan mengepalkan tangan kita dan menekannya dengan buku jari tangan. Kita coba membantu dia berdiri dan jalan berkeliling walaupun kita harus memeganginya. Sangat penting membuat orang yang "OD" sedapat mungkin selalu terjaga.
Apabila ia tidak sadarkan diri, telepon ambulan secepat mungkin. Jangan menunggu dan berharap dia akan siuman dengan sendirinya dari keadaan "OD".

3. Apabila dia sadar tetapi merasakan mual, dada sesak, napas pendek, atau gejala lainnya, yakinkan dia untuk menelpon ambulan atau kita yang menelpon.

4. Pada saat menelpon ambulan tidak perlu memberitahukan bahwa ada yang "OD". Sambil menunggu, kita periksa apakah lubang pernapasannya lancar, tetapi jangan memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya.

5. Jangan meninggalkan orang yang "OD" sendirian. Kalau harus meninggalkannya karena sesuatu hal, letakkan dia dalam posisi pemulihan.

6. Saat ambulan datang, katakan pada petugas bahwa orang tersebut memakai "narkoba X".

No comments: